Pages

Rabu, 21 Desember 2011

Who Wants To Be A Millionaire ?



Judul                : Slumdog Millionaire
Genre                : Crime, Drama, Romance, Thriller
Bahasa               : Inggris, Hindi
Tanggal dirilis        : 11 Februari 2009
Sutradara           : Danny Boyle, Loveleen Tandan
Penulis              : Simon Beaufoy, Vikas Swarup
Pemain              : Dev Patel, Freida Pinto, dan Saurabh Shukla

Jalan takdir telah memberikan Jamal (Dev Patel) semua jawaban yang ia butuhkan untuk mememenangkan sebuah kuis berhadiah besar, “Who Wants to be A Millionaire”. Namun peruntungannya diragukan oleh banyak pihak sehingga ia ditangkap dan diinterogasi oleh polisi. Bagaimana mungkin seorang chaiwalla (semacam office boy) dari daerah perkumuhan yang bahkan tidak bisa membaca dapat menjawab semua pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh orang terpelajar sekalipun. Sebuah paradoks besar bahwa ketika diuji dengan pertanyaan mudah yang mana semua penduduk India bisa menjawabnya, namun Jamal tidak bisa menjawabnya. Di sisi lain, Jamal justru bisa menjawab pertanyaan sulit. Percayakah Anda bahwa Jamal bahkan tidak bisa membaca ? 



Setiap perjalanan memilukan dari hidupnya memberikan petunjuk tentang jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Sebenarnya ia berharap tidak pernah mengetahui jawabannya dengan harga yang harus dibayarnya tersebut.



Kilas balik kenangan Jamal pun ditunjukkan. Kehidupan masa kecilnya yang suram dan penuh dengan konflik digambarkan dengan mengesankan dalam film peraih Golden Globe 2009 ini. Slumdog Millionaire menggambarkan sisi lain negara India, dimana kita yang biasa disuguhi oleh pemandangan indah dan nyanyian cinta sekarang berganti dengan kota penuh sampah, pengemis, dan kekerasan terhadap kecil.  
Di awal kisah hidupnya, Jamal bersama kakaknya, Salim hanyalah anak kecil yang polos yang tinggal di Mumbai korban kerusuhan dimana ibunya meninggal disana. Pelariannya bersama kakaknya membawanya bergabung dengan sebuah gerombolan kejam pengeksploitasi anak – anak kecil dan Latika, cinta sepanjang hidupnya. 


Di gerombolan tersebut semua anak awalnya diperlakukan manis dan hanya diminta belajar menyanyi di jalan dengan baik. Namun, kejadian mencengangkan yakni “Pengambilan Mata” anak – anak tersebut membuat saya miris. Anak – anak yang dipekerjakan dibuat buta secara tidak manusiawi agar dapat menarik banyak belas kasihan yang pada akhirnya menghasilkan lebih banyak uang. Jamal yang akan menjadi korban selanjutnya diselamatkan oleh  Salim, yang pada mulanya tega menyerahkan adiknya sendiri. Sayangnya, dalam pelarian mereka tidak berhasil membawa Latika turut serta bersama mereka.
Selanjutnya, kehidupan mereka tidak pernah menemui kebahagiaan. Bahkan Jamal dan Salim mulai saling bermusuhan, karena perubahan sikap Salim sendiri yang mulai arogan.
Sebenarnya film yang mendapat banyak apresiasi di Hollywood ini tidak dibintangi oleh bintang terkenal, bahkan bisa dikatakan berbiaya minim. Namun berkat campur tangan Danny Boyle, film yang diangkat dari novel ini dapat diramu dengan apik.
Berbeda dengan film India yang selalu menampilkan lagu dan tari setiap beberapa menit, Slumdog Millionaire hanya menyajikan sebuah lagu di akhir cerita ketika Jamal bertemu kembali dengan Latika. 



Dan sekarang kita dapat menjawab pertanyaan yang muncul di awal cerita.
Question:
Jamal Malik is one question away from winning 20 Million Rupees. How did he do it?
A. He cheated
B. He’s lucky
C. He’s a genius
D. It is written
Answer:
D. It is written



4 komentar:

Anonim mengatakan...

film ini juga sedikit menggambarkan lingkungan di Indonesia :)

Wisnu Ninggrat mengatakan...

aku mau dong jadi milionerrrrrr

Yanish mengatakan...

Yaa..sayangnya orang Indonesia belum bisa buat pilem yang nembus award holywood...padahal laskar pelangi tu kan juga bagus..

Yanish mengatakan...

@ wisnu...usaha dong mbak..jadi programmer yang pinter....hehe, dimulai dari ngerjain alpro

Posting Komentar