Pages

Minggu, 18 Desember 2011

Membuat Perusahaan di Mata Kuliah SFB


Sebagai salah satu jurusan yang memiliki prospek menghasilkan lulusan seorang analisis bisnis, di semester awal ini para mahasiswa Sistem Informasi ITS diberikan mata kuliah Sistem Fungsional Bisnis(SFB). Di mata kuliah ini, kami dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola aktivitas non-finansial dalam sebuah organisasi. Perwujudannya dilakukan di setiap kelas dengan pembagian menjadi beberapa tim. Kemudian setiap tim mulai membentuk perusahaan kecil dimana anggotanya yang menjalankan opersional perusahaan. Tugas awal yang cukup menantang bagi teman – teman 2011 yang sebagian besar tidak mempunyai pengalaman dalam manejemen perusahaan.
Tidak hanya berhenti disana, setelah pembentukan tim untuk perusahaan setiap minggunya materi kuliah yang diberikan menjadi referensi tentang standar perusahaan yang harus dibentuk. Mulai dari proses produksi, manegemen, promosi,hingga distribusi produk dilakukan dengan cermat. Pada akhirnya, kami diharapkan dapat menginovasikan produk baru berbahan dasar kopi. Di akhir semester nanti, setiap perusahaan akan diminta mempresentasikan business plan yang telah dibuatnya. Salah satu perusahaan yang terbentuk di mata kuliah ini adalah PT Ganbatte Kohi, merupakan perusahaan yang berkecimpung di sunia kuliner khususnya pengolahan kopi menjadi bubur.
Bagaimana rasanya mengolah perusahaan ketika masih berstatus mahasiswa baru. Seru tentu saja. Pasalnya dengan terjun secara langsung kami lebih mengetahui kondisi di lapangan. Saat muncul masalah teknis secra tiba – tiba, kami harus pandai memutar otak untuk menemukan solusi alternatif lain. Benar – benar menantang dan menguras waktu. Namun ilmu yang didapat lebih dari cukup untuk membayar waktu yang tersita. Memang belajar berbisnis itu menyenangkan!

0 komentar:

Posting Komentar