Pages

Minggu, 18 Desember 2011

Hari Tugas

Sudah menjadi rahasia umum jika mahasiswa yang kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember akan berkutat dengan tugas sepanjang hari. Namanya juga kampus perjuangan, wajar jika mahasiswanya harus berjuang untuk menyelesaikan tugas. Bisa tidur malam selama beberapa jam saja sudah menjadi sebuah alasan untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih. Sayangnya, seperti mendaki gunung yang semakin ke atas semakin berat, di minggu akhir semester ini banyak sekali tugas yang menghadang kami, para mahasiswa Sistrem Informasi ITS.

Dimulai dari final project, beberapa dosen telah memberikan tugas besar yang harus diselesaikan di akhir semester ini. Mata kuliah Algoritma dan Pemrograman sebagai contohnya meminta kami untuk membuat sebuah circular queue, merupakan aplikasi yang dapat menyimpan data inputan secara berputar sehingga akan mendelete data awal jika kapasitas yang tersedia sudah habis. Hasilnya tugas ini berhasil membuat kepala saya berputar juga. Bisa ditebak beberapa hari lagi akan banyak kelompok belajar yang mulai menjadikan final project ini sebagai bahasan utama. Satu hal yang patut digarisbawahi dari ucapan dosen saya ketika memberikan tugas ini, jangan coba – coba mengerjakan tugas ini sehari sebelum hari H!
Disusul oleh UAS yang sudah menanti. Walaupun pada dasarnya selain mata kuliah bersama, kami hanya mempunyai satu mata kuliah jurusan yang mengadakan UAS yakni Matematika Diskrit. Meski hanya satu, namun mengingat 2011 telah berhasil menciptakan rekor dengan nilai UTS di bawah rata – rata sangat tidak dianjurkan untuk meremehkan mata kuliah satu ini. Saya tak bisa membayangkan jika nilai UAS lagi – lagi di bawah rata – rata (semoga saja tidak) maka akan diadakan remedi lagi.
Belum lagi dengan tugas – tugas reguler dan nonformal sebagai mahasiswa. Saya yakin akan menjadi beban yang berat. Namun, ingatlah teman – teman bahwa beban yang berat berarti pertanda besarnya tanggung jawab kita. Tanggung jawab ada karena merupakan konsekuensi dari kedewasaan yang telah kita peroleh. Mari kita semangat belajar! Semua tak akan selesai jika tidak dikerjakan!

0 komentar:

Posting Komentar