Pages

Minggu, 11 Desember 2011

Patriot

Sebuah tema yang menggambarkan semangat kami dalam mengikuti acara LKMM Pra TD , semangat seorang patriot saat mempertahankan negaranya. Sebagai pembawa nasib bangsa Indonesia ke depannya, para mahasiswa dibekali dengan kemampuan untuk me-manage sekitarnya. Itulah mengapa seorang mahasiswa harus mengenali dirinya terlebih dahulu untuk dapat menjadi pribadi yang lebih baik bagi bangsanya. Menjadi mahasiswa yang ideal dan bersikap selayak perannya.


Mahasiswa harus mempunyai pretasi. Prestasi merupakan perwujudan pemberian mahasiswa kepada bangsanya. Sebab, di tingkat mahasiswa prestasi bukan hanya perlombaan adu cepat atau adu pintar seperti yang dilaksanakan ketika masa sekolah. Namun, di tingkat ini kemapuan kita untuk berguna bagi masyarakat mulai ditajamkan. Entah melalui penelitian untuk meningkatkan taraf hidup manusia atau melalui konbtribusi aktif menyelesaikan masalah yang sudah ada. Di sisi lain, dengan berprestasi berarti kita ingin menjadi berbeda dengan yang lainnya. Ya. Jadilah yang berbeda di arah yang positif karena perbedaan membuat kita lebih menonjol di antara yang lainnya. Dengan berpartisipasi aktif dalam meraih prestasi.

Prestasi akan dapat diraih apabila kita aktif dalam menjalani setiap prosesnya. Aktif menggali permasalahan yang ada dan aktif bertindak untuk menyelesaikannya. Tak dapat dipungkiri bahwa keaktifan mahasiswa sangat dituntut oleh lingkungan sekitar. Bayangkan apabila mahasiswa hanya diam saja saat mengetahui masyarakat di sekitarnya mendapatkan masalah yang pelik. Tentu hal ini bukan merupakan indikator yang diinginkan untuk mencapai masyarakat yang sejahtera.

Di sisi lain tanggap merupakan sikap lain yang mendukung kesempurnaan seorang mahasiswa. Mahasiswa yang tanggap tidak hanya sensitif saat menemukan sebuah masalah baru namun ia juga dengan cepat berusaha mencari solusi yang tepat dengan tindakan yang konkret. Tidak hanya sebuah konsep atau perencanaan di dalam pikiran yang pada akhirnya tidak pernah dilaksanakan. Hampir dapat dipastikan semua mahasiswa itu pintar namun belum banyak yang tanggap dalam menggunakan pengetahuan atau ilmu yang telah mereka peroleh. Hal tersebut merupakan sebuah kesia – siaan karena saat kita menjadi seorang mahasiswa secara tidak langsung kita telah menerima untuk bertanggung jawab penuh terhadap bangsa dan negara. 

Menjadikan diri kita sebaga jembatan antara rakyat dengan pemerintah, bahkan jika perlu langsung turun ke jalan untuk membela hak – hak mereka yang tertindas. Sehingga ilmu yang kita dapatkan akan lebih berguna, dibandingkan apabila kita hanya mementingkan kepentingan pribadi.
Dalam menghadapi permasalahan yang pelik mahasiswa ideal dituntut untuk dapat berpikir kritis.kritis itu menemukan jalan baru tanpa menghilangkan faktor kepentingan – kepentingan yang  bersangkutan. Sebenarnya sudah banyak masyarakat yang dapat berpikir secara kritis. Saat menyikapi kebijakan pemerintah sebagai contohnya, banyak tokoh cendekiawan yang beropini tentang dampak terhadap masyarakat, namun perbedaannya dengan mahasiswa adalah mereka tidak melakukan sesuatu atas apa yang mereka kritisi. Bahkan akan menjadi lebih ironis lagi apabila mereka mempunyai kekuasaan untuk berbuat lebih, berbeda dengan mahasiswa yang meskipun tidak mempunyai kekuasaan untuk memperbaiki keadaan namun mereka menggunakan hak suaranya secara lebih aktif. 

Hal ini terlihat saat tergulingnya orde baru, dimana pemimpinnya Soeharto banyak menetapkan kebijakan yang sangat merugikan rakyat, mahasiswa adalah motor utama yang melakukan perubahan. Karena mereka tidak hanya melihat kemudahan hidup saat itu namun juga berpikir visioner ke depan tentang akibat apa yang akan dibawa oleh Soeharto apabila ia terus memimpin dengan isu – isu KKN yang dilakukannya. Terbukti utang negara saat ini lebih berat akibatnya daripada kemudahan sesaat waktu itu. Selain itu mahasiswa harus dapat mempertanggungjawabkan apa yang telah ia lakukan. Hal ini merupakan perwujudan keseriusan dan evaluasi terhadap apa yang telah mereka lakukan untuk negaranya. Dalam mencapai sikap – sikap ideal itu marilah sebagai seorang mahasiswa kita menunjukkan semangat patriot yang dengan segenap tumpah darahnya mau berkoraban untuk mendapatkan yang terbaik bagi negeri ini.
Hidup mahasiswa !

0 komentar:

Posting Komentar